Pesona Wisata Pulau Pari

wisata pulau pari

Pulau Pari memiliki beberapa pantai nya yang cukup indah. Tak hanya itu, Pulau Pari juga salah satu Pulau Wisata dikepulauan Seribu yang memiliki jarak paling dekat dari kota Jakarta. Hal ini adalah beberapa alasan dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki Pulau Pari yang mampu menarik para wisatawan yang membutuhkan suasana santai ala pantai ketika mengisi liburan.

Sekilas Pulau Pari


Dimana tepatnya lokasi Pulau Pari? Secara geografis Pulau Pari terletak pada koordinat 5&deg 50' 20" - 5&deg 50' 25" LS dan 106&deg 34' 30" - 106&deg 38' 20" BT.

Secara administrasi, Pulau Pari adalah kelurahan yang termasuk dalam Kecamatan Pulau Seribu Selatan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, namun ibu kota dari kelurahan terdapat di Pulau Lancang Besar. Pulau Pari merupakan salah satu Pulau di jajaran Kepulauan Seribu yang dihuni oleh penduduk. Memiliki 1 RW yang membawahi 4 RT dengan jumlah penduduk sebanyak sekitar 930 jiwa dari 265 KK, dengan Luas Pulau sebesar 41,32 Ha.

wisata pulau pari

Sosial Budaya


Penduduk yang saat ini menetap di Pulau Pari adalah penduduk campuran dari berbagai macam suku. Ada 5 suku yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang saat ini mayoritas sebagai penduduk tetap di Pulau Pari yaitu, suku Betawi, Sunda, Jawa, Bugis, dan Bima. Sedangkan agama yang dipeluk oleh masayarakat Pulau Pari adalah Islam, 100% penduduk Pulau Pari adalah Muslim. Tentu saja kehidupan sosial budaya masyarakat Pulau Pari pun banyak terdapat unsur dan kebudayaan Islam di dalam nya.

Sumber Daya Penduduk


Secara turuntemurun mayoritas penduduk Pulau Pari berprofesi sebagai Nelayan, layak nya para penduduk lain di Indonesia yang menetap di pesisir pantai. Sebagian kecil penduduk memiliki mata pencaharian sebagai PNS, pedagang, buruh, dan petani rumput laut. Namun semenjak Pulau Pari berkembang menjadi salah satu destinasi wisata di teluk Jakarta, banyak masyarakat yang memanfaatkan peluang ini dengan menjadi pemandu wisata pada saat akhir pekan dan pada hari-hari libur dimana banyak wisatawan berdatangan ke Pulau Pari untuk menghabiskan masa liburan dan wisata.

wisata pulau pari

Wisata Di Pulau Pari


Semenjak tahun 2011 Pulau Pari mulai dikenal sebagai salah satu pulau tujuan wisata di gugusan Kepulauan Seribu. Setiap akhir pekan Pulau Pari banyak dihuni oleh para wisatawan yang mayoritas adalah penduduk kota Jakarta yang ingin menikmati Wisata Bahari di Pulau Tidung.

Ada beberapa lokasi di Pulau Pari yang menjadi tujuan dalam rangkaian acara wisata bila anda mengikuti wisata dengan bantuan Agen Tour untuk mengurus perjalanan liburan anda selama di Pulau Pari.

Beberapa destinasi yang menjadi tujuan wisata di Pulau Pari antara lain :

wisata pulau pari

Pantai Pasir Perawan

Untuk menuju Pantai Pasir Perawan kita sebaiknya menggunakan sepeda yang bisa kita dapatkan dari tempat penyewaan sepeda yang dapat kita jumpai dengan mudah di Pulau Pari. Hanya sekitar 5 menit saja menempuh perjalanan ke arah Selatan Pulau Pari melalui pemukiman penduduk, kita dapat sampai di lokasi Pantai Pasir Perawan.

Hamparan pasir putih, hutan mangroove, serta beberapa cafe untuk sekedar menikmati kelapa muda dan makanan ringan akan kita jumpai di lokasi ini.

Pantai Bintang - Star Beach

Lokasinya kearah Barat Pulau pari, dari dari Dermaga Utama Pulau Pari dapat ditempuh hanya 5 menit dengan menggunakan sepeda. Pantai Bintang adalah pantai yang ditumbuhi banyak pohon rindang. Teduh nya suasana di Pantai Bintang memang sangat cocok dijadikan tempat bersantai di Pulau Pari.

wisata pulau pari

Pantai Kresek

Hanya butuh waktu 3 menit saja dari Dermaga Utama Pulau Pari untuk sampai ke Pantai Kresek. Pantai Kresek memiliki pasir berwarna putih kecoklatan, pantai ini digunakan sebagai pantai lokasi penangkaran penyu, bintang laut dan penangkaran ikan pari. Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat barbeque para wisatawan di malam hari.

Bukit Matahari

Lokasinya berada persis di Dermaga Utama Pulau Pari, menikmati suasana di bawah pepohonan Pinus dan menikmati minuman dan makanan ringan sambil istirahat setelah lelah bersepeda keliling Pulau Pari sangat pas kita lakukan di lokasi ini.

wisata pulau pari

Pantai LIPI

Diujung sebelah Barat Pulau Pari terdapat kantor Lembaga Oceanografi LIPI (LON LIPI), yang di bangun pemerintah untuk melakukan penelitian di perairan Pulau Pari. Pantai yang berada persis di area kantor LON LIPI Pulau Pari sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat terbenamnya matahari di pergantian hari.

Peta Lokasi Pulau Pari




Pesona Wisata Pulau Pari
4.85 (99.85%) 351 votes

0 komentar:

Posting Komentar

open trip bromo