Sabtu, 20 Agustus 2016

Pulau Tidung Dan Kekayaan Biota Laut Yang Mempesona

pesona bawah laut snorkeling dan wisata pulau tidung

Pulau Tidung adalah salah satu dari ratusan pulau yang mengisi lautan dangkal disebelah Utara Jakarta. Dikatakan lautan dangkal karena kedalaman perairan Kepulauan Seribu hanya memiliki kedalaman rata-rata 30 hingga 70 meter. Perairan terdalam tercatat berada di sebelah utara Pulau Pari dan Pulau Semak Daun. Hal ini pula yang membuat keindahan bawah laut di Kepulauan Seribu relatif mudah untuk dinikmati para pengunjung yang menyukai aktivitas snorkeling. Bagaimana tidak, hampir setiap pulau di Kepulauan Seribu memiliki hamparan karang yang luasnya hampir dua puluh kali lebih luas dari luas daratan Pulau nya sendiri, Pulau Tidung termasuk salah satunya.
Dikelilingi oleh Pulau-pulau besar seperti Sumatra, Jawa dan Kalimantan, perairan Pulau Seribu relatif aman dan terlindung dari badai dan gelombang air laut yang tinggi. (Tomascik, dkk. 1997)

Potensi Sumber Daya Laut Pesisir Pulau Tidung


Pulau Tidung termasuk memiliki ekosistim yang cukup lengkap, terdiri dari ekosistim mangrove, ekosistim lamun*, ekosistim terumbu karang disamping terdapat juga kawasan lindung yaitu Taman Nasional Cagar Laut kepulauan Seribu.
*Lamun adalah tumbuhan hijau yang hidup dan tumbuh dilingkungan aquatik yang asin, tumbuh diantara dua ekosistim penting yaitu ekosistim mangrove dan ekosistim terumbu karang. Secara fisik Lamun berperan sebagai salah satu pelindung pantai dari hempasan ombak.
Seluruh ekosistim yang ada sangat membantu menunjang kehidupan masyarakat lokal terutama disektor perikanan, industri, transportasi laut, pariwisata, jasa dan perdagangan.

Pemandangan Bawah Laut Pulau Tidung


Terdapat banyak spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang indah di Pulau Tidung. Salah satu spot terbaik adalah di sekitar Pulau Tidung Kecil. Selain ikan-ikan kecil yang cantik, spot snorkeling pulau Tidung Kecil juga menyajikan pemandangan terumbu karang yang sangat menarik.

lokasi snorkeling wisata pulau seribu tidung keindahan bawah laut dan paket wisata pulau seribu tidung

Ikan-ikan kecil sejenis Sergant Major, Jambrong, dan masih banyak jenis ikan kecil lain nya yang hidup di trumbu karang akan menemani snorkeling kita di lokasi Tidung Kecil. Untuk tetap menjaga kelestarian terumbu karang di sekitar Pulau Tidung, pemerintah juga menjadikan perairan disekitar Pulau Tidung Kecil sebagai area konservasi terumbu karang. Mata kita akan dimanjakan dengan beragam terumbu karang yang indah di lokasi ini.

Untuk menuju lokasi snorkeling Pulau Tidung Kecil kita akan menggunakan perahu motor yang kita naiki dari dermaga utama Pulau Tidung Besar. Namun ada juga spot snorkeling disekitar Jembatan Cinta yang dapat dinikmati bila tidak ingin repot harus menggunakan perahu. Pagi hari sekitar pukul 6:30 s.d 8.00 adalah waktu yang paling tepat bila ingin snorkeling di area Jembatan Cinta, karena pada waktu tersebut gelombang air laut masih relative tenang, dan kapal-kapal pun masih belum banyak berlalu-lalang di area tersebut.

Tips Aktivitas Snorkeling


Aktivitas snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang patut kita coba ketika berlibur di laut atau pantai Indonesia yang memang sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Wilayah perairan negara kita ini merupakan salah satu yang termasuk dalam jantung segitiga karang dunia. Terdapat lebih dari 600 spesies koral atau dapat dikatakan 75% populasi koral dunia terdapat di segitiga karang dunia yaitu perairan Indonesia yang dikelilingi oleh perairan Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Kepulauan Salomon, dan Timor leste.

Tentunya kita sebagai pemilik lautan terindah ini, harus juga membuktikan langsung keindahan nya.

pemandangan karang dan wisata pulau tidung

Persiapan sebelum Snorkeling

  • Kenali Peralatan Snorkeling, snorkeling di Pulau Tidung kita akan menggunakan 4 peralatan standard yaitu Google (masker), Snorkel (alat bantu pernapasan), fin (kaki katak), life vest (rompi pelampung)
  • Pilih Google yang tepat, pilih masker/kacamata google yang tepat di wajah anda, jangan sampai ada wilayah yang longgar yang dapat menyebabkan air masuk kedalam masker yang tentunya mengganggu kenyamanan snorkeling anda di Pulau Tidung.
  • Pakai Fin yang sesuai dengan ukuran kaki, hindari ukuran yang longgar atau terlalu sempit di kaki agar gerakan kaki leluasa.
  • Coba bernapas dengan snorkel, biasakan bernapas dengan selang snorkel dengan tenang, agar kita terbiasa menggunakan nya ketika berada di permukaan air laut.
  • Kenakan rompi Pelampung, Snorkeling pada dasarnya tidak harus bisa berenang, dengan bantuan pelampung kita akan tetap mengambang di permukaan laut. Namun anda perlu tau cara mengayuh dan mengarahkan badan anda, dan diperlukan ketenangan agar selang anda tidak termasuki oleh air. Bagi anda yang belum begitu yakin sendirian, cobalah meminta tolong pemandu mendampingi anda ketika snorkeling di Pulau Tidung.
  • Mulai di tempat yang dangkal, untuk membiasakan diri pilihlah tempat yang dangkal dulu sampai anda terbiasa dengan peralatan yang digunakan.

Jadilah Snorkeler yang Menjaga Keindahan Biota Laut Pulau Tidung


Terumbu Karang hanya dapat tumbuh beberapa centimeter per tahun nya, hindari berdiri diatas karang laut yang mudah patah apa lagi dengan sengaja mematahkan ujung karang dan membawanya sebagai koleksi.

Mari kita jaga keindahan terumbu karang di laut dangkal Kepulauan Seribu yang memang sangat terkenal akan keindahan nya, menikmati pemandangan bawah laut Pulau Tidung dengan hanya melihat dan berfoto dengan ikan kecil diatas terumbu karang yang cantik akan cukup membuat kita terpesona akan keindahan pemandangan bawah laut Pulau Tidung.

Gallery Underwater Pulau Seribu


paket wisata pulau tidung 2 hari 1 malam snorkeling menyaksikan keindahan destinasi wisata pulau tidung menyaksikan keindahan biota laut pulau tidung

wisata dan aktivitas snorkeling di pulau tidung snorkeling dasn wisata pulau tidung wisata snorkeling di Pulau Tidung



0 komentar:

Poskan Komentar