Wisata Pulau Harapan Keindahan Alami di Kepulauan Seribu

wisata pulau tidung

Pulau Harapan, adalah salah satu pulau yang lokasinya berada di Kepulauan Seribu bagian Utara. Pulau Harapan juga menjadi salah satu pulau yang dihuni oleh penduduk di Kepulauan Seribu. Pulau ini terkenal akan keindahan alam serta kejernihan lautnya, biota laut serta keindahan pantai yang dimilikinya mampu mengundang para wisatawan datang ke Pulau Harapan.

Peningkatan pengunjung yang datang untuk menghabiskan masa wisata di Pulau Harapan terjadi semenjak tahun 2012. Dalam 3 tahun terakhir lonjakan wisatawan yang mengunjungi Pulau Harapan setiap weekend semakin meningkat seiring pertumbuhan fasilitas wisata yang disediakan para pengusaha lokal untuk melayani kegiatan wisata para wisatawan di Pulau Harapan.

wisata pulau harapan

Sekilas Tentang Pulau Harapan


Pulau Harapan berada dalam wialayah Pemerintahan Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, dibawah naungan Provinsi DKI Jakarta. Dengan luas Pulau sebesar 6,7 Hektar dan dihuni oleh penduduk sejumlah 2.205 jiwa yang mayoritas muslim, serta berada di titik koordinat 05° 39’ 10”LS dan 106° 34’ 41” BT.

Kelurahan Pulau Harapan membawahi 24 pulau kecil lainnya dengan bermacam peruntukan seperti Pulau Resort, Pulau Rekreasi, Pulau Konservasi serta beberapa Pulau kosong yang tidak berpenghuni. Selain Pulau Harapan, Pulau Sebira juga salah satu pulau yang berpenghuni yang juga dikelola dan dibawahi oleh Kelurahan Pulau Harapan.

Beberapa pulau kecil di wilayah Kelurahan Pulau Harapan yaitu :


• Pulau Bira Besar
• Pulau Tondan Barat
• Pulau Tondan Timur
• Pulau Putri Timur
• Pulau Sepa Barat
• Pulau Sepa Timur
• Pulau Opak
• Pulau Magaran
• Pulau Bulat
• Pulau Bira Kecil
• Pulau Belanda
• Pulau Renggit
• Pulau Kayu Angin
• Pulau Hantu
• Pulau Sebaru Besar
• Pulau Penjaliran Barat
• Pulau Penjaliran Timur
• Pulau Jagung
• Peteloran

Transportasi Menuju Pulau Harapan


Menuju Pulau Harapan hanya dapat ditempuh dengan menggunakan Kapal Fery atau Kapal penyebrangan. Ada dua Dermaga di Jakarta yang tersedia untuk melayani penyebrangan ke Pulau Harapan, yaitu Dermaga Kali Adem atau Muara Angke dengan Kapal Fery Tradisonal dan Dermaga Marina Ancol yang menyediakan Kapal Cepat (Speed Boat).

Kapal Fery, kapal kayu atau kapal tradisional kapasitas 150-250 penumpang. Bertolak dari Muara Angke setiap hari pukul 07.00 - 07.30 pagi, durasi perjalanan selama 3 jam.

Tarif Kapal Tradisional : Rp 50.000 / orang

Kapal Cepat, adalah kapal reguler (shuttle boat) yang diberangkatkan dari Dermaga Marina Ancol setiap hari pukul 8.00 pagi. Kapal yang di gunakan adalah speed boat, hanya butuh waktu 1,5 jam untuk dapat sampai di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara.

Tarif Kapal Cepat Weekday : Rp 200.000 / orang
Tarif Kapal Cepat Weekend : Rp 250.000 / orang

wisata pulau harapan

Aktivitas Wisata Pulau Harapan


Selain keindahan alam nya yang mengagumkan, Pulau harapan juga dapat kita nikmati lewat beberapa aktivitas Pantai, Wisata Bahari dan Jelajah Pulau. Apa saja aktivitas yang wajib dilakukan ketika memutuskan Wisata di Pulau Harapan?

Island Hopping Pulau Harapan

Island hopping adalah kegiatan wisata melompat dari satu pulau ke pulau yang lain. Banyaknya pulau dengan pemandangan indah yang berada di wilayah Pulau Harapan tentunya harus juga kita nikmati ketika melaksanakan wisata di Pulau Harapan. Lewat Aktivitas wisata island hopping anda akan diajak mendatangi dan menginjakkan kaki di beberapa pulau dengan menggunakan perahu.

Beberapa Pulau yang sering dijadikan destinasi island hopping ketika wisata di Pulau Harapan antara lain :

● Pulau Harapan
● Pulau Perak
● Pulau Bira
● Pulau Gosong Perak
● Pulau Bulat
● dan lain-lain

Setiap pulau yang ada di sekitar Pulau Harapan memiliki view yang berbeda-beda, ada pulau yang menarik karena keindahan pantainya, ada pula yang karena underwater nya, dan ada yang menjadi pilihan karena tersedia penginapan berupa resort, serta masih banyak lagi keunikan serta keindahan yang dimiliki setiap Pulau di wilayah Pulauan Harapan.

wisata pulau harapan

Snorkeling Pulau Harapan

Ini adalah aktivitas wajib disemua pulau yang menjadi destinasi wisata di Kepulauan Seribu. Pemandangan bawah laut di Kepulauan Seribu relative masih sangat terjaga kealamian nya.

Pulau Harapan memiliki banyak sekali spot underwater dengan pemandangan yang cukup mampu menghipnotis anda untuk berlama-lama menyaksikan keindahan nya secara langsung. Beberapa spot eksotis akan anda dapatkan ketika wisata di Pulau Harapan.

wisata pulau harapan

Menyaksikan Sunset dan Sunrise di Pulau Harapan, Pemandangan indah cahaya Matahari di pergantian hari akan menjadi objek foto yang sulit di dapat di wilayah perkotaan. Udara yang bersih terhindar dari polusi dan kabut asap dari kendaraan membuat pemandangan sunset dan sunrise dapat kita saksikan dengan jernih.

wisata pulau harapan

Jangan khawatir, walaupun matahari terkadang tertutup awan, tapi keindahan cahaya yang mamantul dari awan dan air laut, tetap bisa menjadi objek foto yang menakjubkan di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara.

Konservasi Penyu dan Biota Laut Pulau Harapan, di lokasi yang tak jauh dari wilayah penginapan atau homestay di Pulau Harapan terdapat pusat konservasi Penyu langka dan beberapa biota laut yang memang sengaja dibentuk sebagai lokasi wisata dan juga sebagai pusat pelestari dan penjaga keseimbangan kehidupan alam sekitar. Anda diperkenankan untuk berfoto bersama penyu yang lucu sambil menggali informasi mengenai Penyu langka yang ada di wilayah perairan Indonesia khususnya Kepulauan Seribu.

wisata pulau harapan

Peta Lokasi Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara





Wisata Pulau Harapan Keindahan Alami di Kepulauan Seribu
4.85 (99.85%) 351 votes

0 komentar:

Posting Komentar

open trip bromo