Wisata Pulau Tidung, Destinasi Bertema Bahari Tak Jauh Dari Jakarta

jembatan cinta di pulau tidung

Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan, siapa yang tak kenal dengan pulau indah yang tidak jauh dari kota Jakarta ini. Keindahan alam serta gugusan pulau kecil yang mengelilinginya serta kekayaan biota laut yang dapat kita nikmati disejumlah titik sekitar Pulau Tidung, menjadikan Pulau Tidung menjadi buruan para wisatawan yang ingin menghabiskan liburan nya.

Pulau Tidung terkenal dengan romantisme nya, hal ini ditandai dengan adanya sebuah jembatan dengan panjang 800 meter yang di beri nama Jembatan Cinta Pulau Tidung. Sebuah jembatan yang menghubungkan dua buah pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil

Lewat artikel ini kami akan mencoba memberikan informasi selengkap-lengkap nya mengenai Pulau Tidung yang berlokasi tak terlalu jauh dari kota Jakarta. Semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan gambaran lengkap bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau Tidung.

Lokasi Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu Pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu bagian Selatan, merupakan salah satu pulau yang dihuni oleh penduduk. Pulau Tidung memiliki luas sebesar 107 ha, dan dihuni oleh 5000 jiwa dari kurang lebih sebanyak 1.200 KK.

Secara Administratif, Kelurahan Pulau Tidung berada dibawah naungan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Nama Pulau Tidung di ambil dari nama sebuah suku di Kalimantan. Pada jaman pemerintah Belanda Raja dari sebuah suku dari Kalimantan Timur di ungsikan oleh Pemerintah Belanda ke salah satu Pulau di Teluk Jakarta ini karena dianggap berani memberontak Pemerintah Kolonial Belanda. Raja tersebut di kenal dengan nama Raja Pandita dari suku Tidung

Sarana Pelayanan Publik di Pulau Tidung


Pada awal tahun 2010 lambat laun Pulau Tidung mulai dikenal banyak orang sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki alam yang indah dengan pesona baharinya. Sadar akan hal ini, pemerintah daerah serta penduduk lambat laun mulai membenahi Pulau Tidung dengan melengkapi fasilitas umum baik untuk pelayanan masyarakat maupun sarana penunjang wisata yang secara otomatis menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat lokal.

Lalu apa saja Sarana publik yang sudah tersedia di Pulau Tidung?

+ Kantor Kelurahan Pulau Tidung
+ Puskesmas yang buka selama 24 jam dilengkapi dengan Speed Boat Ambulance
+ Kantor Kecamatan Seribu Selatan yang dilengkapi sarana WiFi terbuka
+ Kantor Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan
+ Sarana Pendidikan yang terdiri dari 4 Sekolah Dasar, 2 Sekolah Tingkat Pertama, dan 2 Sekolah Tingkat Atas atau SMU.
+ Bank DKI lengkap dengan fasilitas ATM 24 jam
+ Bank BRI Terapung dan ATM

wisata pulau tidung wisata pulau tidung

Pulau Yang Berada di Bawah Penanganan Kelurahan Pulau Tidung

Ada 6 buah pulau yang berada di bawah penanganan Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Kabupaten Kepulauan Seribu, yaitu :

● Pulau Tidung Besar
Pulau Tidung Kecil
● Pulau Karang Beras
● Pulau Laki
● Pulau Payung Besar
● Pulau Payung Kecil

Cara Menuju Pulau Tidung

Satu-satu cara menuju Pulau Tidung adalah dengan menggunakan transportasi laut. Ada dua dermaga yang dibangun oleh pemerintah dengan dua jenis Kapal penyebrangan yang berbeda, yaitu :

+ Dermaga Kali Adem atau Muara Angke dengan menggunakan kapal Ferry
+ Dermaga Marina Ancol untuk keberangkatan dengan menggunakan Kapal Cepat Reguler (speedboat)

Kapal Fery, kapal kayu atau kapal tradisional dengan kapasitas 150-250 penumpang. Bertolak dari Muara Angke setiap hari pukul 07.00 - 07.30 pagi, dengan durasi perjalanan selama 2,5 - 3 jam.

Tarif Kapal Ferry : Rp 45.000 / orang

Kapal Cepat, adalah kapal reguler (shuttle boat) yang diberangkatkan dari Dermaga Marina Ancol setiap hari pukul 8.00 pagi. Kapal yang di gunakan adalah speed boat, Dermaga yang digunakan adalah dermaga 17 - 18, hanya butuh waktu 1 jam untuk dapat sampai di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan.

Tarif Kapal Predator PP : Rp 400.000 / orang
Tarif kapal Citra Jet PP : Rp 280.000 / orang

Bagi anda yang ingin menggunakan Speed Boat Private, tersedia juga penyewaan kapal yang bisa anda manfaatkan.Informaasi mengenai sewa kapal private bisa anda lihat di bawah ini.

SEWA KAPAL PESIAR PREDATOR

Wisata Pulau Tidung

Selain nama Pulau Tidung yang sudah mulai banyak dikenal, bukan tanpa alasan para wisatawan memilih pulau Tidung sebagai pilihan untuk destinasi wisata. Ada beberapa hal yang menjadi alasan wisatawan berkunjung ke Pulau Tidung, antara lain

+ Lokasi Pulau Tidung tidak terlalu jauh dari Jakarta
+ biaya wisata yang dibutuhkan relatif kecil
+ fasilitas penunjang wisata sudah cukup lengkap
+ banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan
+ banyak spot foto menarik untuk menambah koleksi
+ penduduk lokal sangat ramah
+ pemandangan underwater cukup menawan dengan air lautnya yang jernih
+ tersedia sarana publik yang sudah cukup memadai seperti ATM, WiFi, dan lain-lain

Aktivitas Wisata Pulau Tidung

Selama berada di Pulau Tidung, ada beberapa aktivitas menarik yang dapat anda lakukan untuk mengisi wisata. Berikut ini beberapa altivitas yang mungkin dapat anda pilih untuk bersenang-senang selama di Pulau Tidung, antara lain

Explore Pulau Tidung menggunakan sepeda

Hanya ada tiga jenis transportasi darat yang terdapat di Pulau Tidung yaitu sepeda motor, becak motor dan sepeda. Dibanding dua jenis transport lain nya, sepeda memiliki jumlah yang jauh lebih banyak di Pulau Tidung. Selain lincah untuk dipakai memasuki jalan-jalan kecil di pulau Tidung, rasa nya sepeda cukup pas dipakai untuk explore pulau yang memiliki panjang 5 km ini.

wisata pulau tidung

Explore pulau dengan menggunakan sepeda adalah salah satu aktivitas wisata menyenangkan yang harus di coba ketika berlibur di Pulau Tidung.

Snorkeling

Snorkeling menjadi salah satu aktivitas wajib di Kepulauan Seribu. Setiap perairan di Kepulauan Seribu memiliki keindahan biota laut masing-masing. Pulau Tidung juga memiliki spot snorkeling yang tak kalah indah dari pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Spot Snorkeling di wilayah perairan Pulau Tidung Kecil adalah salah satu spot terbaik di Pulau Tidung yang wajib anda saksikan langsung keindahan nya.

wisata pulau seribu tidung

Disekitar kawasan Pulau Tidung Kecil terdapat beberapa spot snorkeling dengan pemandangan underwater nya yang cukup indah dan menawan. Anda akan menyaksikan beragam terumbu karang indah yang masih hidup alami, serta di hidupi oleh beragam jenis ikan kecil warna-warni yang sudah pasti akan membuat anda betah belama-lama ber snorkeling ria.

Aktivitas snorkeling di Pulau Tidung Kecil, wajib dilakukan ketika Wisata di Pulau Tidung.

Terjun Bebas di Jembatan Cinta

Dipangkal jembatan cinta terdapat sebuah lengkungan tinggi yang sengaja dibikin agar kapal kecil dapat lewat dari kolong jembatan cinta. Dengan puncak ketinggian kurang lebih 8m serta kedalaman air sekitar 4 m, spot ini sering digunakan para wisatawan untuk terjun bebas dari atas jembatan.

wisata pulau tidung

Pada saat weekend atau musim libur, banyak pengunjung yang ingin merasakan keseruan terjun bebas di Jembatan Cinta, anda pun harus mencoba keseruan nya.

Watersport Jembatan Cinta Pulau Tidung

Masih di sekitar jembatan cinta terdapat area yang digunakan sebagai lokasi aktivitas water sport. Terdapat berbagai jenis permainan air yang dapat dilakukan di area ini. Beberapa jenis permainan water sport yang terdapat di area ini antara lain water sofa, banana boat, donuts boat, canoe, jet ski, angsa laut, dan lain-lain.

Jangan ragu mencoba aktivitas water sport selama berada di Pulau Tidung, pasti menyenangkan.

wisata pulau Tidung

Menanti Sunset dan Sunrise

Kita akan mendapatkan kesempatan menyaksikan sunrise dan sunset selama di Pulau Tidung. Dengan menggunakan sepeda kita akan melakukan perjalanan kurang lebih 10 menit menuju Tanjung Barat Pulau Tidung untuk menikmati keindahan warna ketika Matahari perlahan terbenam di Kepulauan Seribu.

Menikmati air kelapa muda sambil menyaksikan detik demi detik terbenamnya matahari akan menjadi pengalaman yang asik dan romantis di Saung Sunset Tanjung Barat Pulau Tidung Besar.

wisata pulau tidung

Lagi-lagi Jembatan Cinta menjadi lokasi terbaik menikmati indahnya panorama pagi hari. Menyaksikan munculnya matahari secara perlahan dari ujung laut, serta menikmati warna mentari pagi diiringi deburan ombak akan menjadi pagi yang tak terlupakan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan.

Peta Lokasi Pulau Tidung Kepulauan Seribu





Wisata Pulau Tidung, Destinasi Bertema Bahari Tak Jauh Dari Jakarta
4.85 (99.85%) 351 votes

0 komentar:

Posting Komentar

open trip bromo