Minggu, 29 Januari 2017

Ikan Paus Sepanjang Tiga Belas Meter Terdampar di Pulau Tidung



Siapa yang tidak kenal dengan Ikan Paus, salah satu spesies terbesar yang mengisi kehidupan di dalam laut yang ada di muka Bumi. Sebenarnya Paus adalah salah satu jenis mamalia laut, namun sering kali disebut ikan karena bentuk tubuh nya yang menyerupai golongan ikan

Sebutan Paus diberikan kepada anggota bangsa Cetacea dengan ciri khas memiliki tubuh yang besar

Berbeda dengan jenis mamalia laut lain nya, kemampuan nya beradaptasi dengan kedalaman samudra yang memang salah satu kelebihan dari paus, membuatnya mampu bertahan hidup di dalam laut sepanjang hidup nya.

Mengenal Jenis Ikan Paus


Dari sekian banyak jenis yang ada di dunia, paus di bagi menjadi 2 (dua) kelompok yaitu

Kelompok pertama : Paus dengan ciri memiliki gigi (Odontoceti),
Kelompok kedua : Paus dengan ciri tidak memiliki gigi (Mysticeti)

Paus bergigi (Odontoceti) memiliki tubuh yang lebih kecil dari paus jenis lain nya adalah paus predator yang memakan ikan, cumi-cumi, dan mamalia laut . Ikan Pesut atau Lumba-Lumba adalah salah satu jenis Paus yang memiliki gigi untuk memangsa makanan nya.

Paus tanpa gigi (Mysticeti) tubuh nya lebih besar dari Paus bergigi, untuk bertahan hidup paus ini memakan plankton, itu sebabnya struktur gigi nya seperti sikat, yang berguna sebagai perangkap plankton sebagai makanan nya.

paket wisata pulau tidung dan pulau tidung kecil di kepulauan seribu selatan jakarta
Musium Ikan Paus Sperma di Pulau Tidung Kecil. dipajang dan menjadi bahan edukasi bagi semua yang ingin mengetahui rangka asli seekor ikan Paus

Ikan Paus Yang Ada di Dunia


Ada bebrapa jenis paus yang ada di dunia, berikut ini adalah nama-nama ikan paus bedasarkan kelompoknya.

Paus Bergigi (Odontoceti)

• Killer Whale - Orcinus Orca
Balaenoptera Omurai
• Sperm Whale (Paus Sperma) – Physeter macrocephalus
• Cuvier’s Beaked Whale – Ziphius cvirostris
• Arnoux’s Beaked Whale – Berardius arnuxii
• Nothern Bottlenose Whale – Hyperoodon ampullatus
• Narwhal Whale – Modonon monoceros
• Beluga Whale – Delphinapterus leucas

Paus Tanpa Gigi/Baleen (Mysticeti)

• The North Atlantic Right Whale – Eubalaena glacialis
• Fin Whale – Balaenoptera physalus
• Shoutern Right Whale – Eubalaena australis
• Bowhead Whale
• Sei Whale – Balaenoptera borealis
• Bryde’s Whale – Balaenoptera brydei
• Blue Whale – Balaenoptera musculus
• Hump Back Whale – Megaptera novaeangliae
• Gray Whale – Eschrichtius robustus
• Minke Whale – Balaenoptera acutorostrata

Dari 18 Jenis ikan Paus diatas, tidak semua jenis paus yang ada dapat dengan mudah ditemui saat ini. Polusi air laut, perburuan, ketidak mampuan beradaptasi telah membuat populasi ikan paus di dunia semakin berkurang.

Ikan Paus Sperma (Sperm Whale) di Pulau Tidung Kecil


Pada tahun 2012 ditemukan seekor ikan Paus jenis Sperma terdampar di wilayah Tanjung Pakis Kerawang. Mengetahui hal ini pemerintah dibantu oleh masyarakat setempat berusaha mengembalikan Ikan Paus Sperma yang terdampar kembali ke habitatnya. Team penyelamatan ikan Paus dibantu oleh masyarakat akhirnya berhasil menarik ikan paus ke perairan yang lebih dalam.

Namun karena kondisi ikan paus yang pada saat itu memiliki panjang 13 (tiga belas) meter dengan bobot seberat 8 (delapan) ton ini sudah lemah saat itu, membuat nya kembali terbawa arus dan kembali tedampar di Kepulauan Seribu. Terdampar kedua kalinya ikan paus sperma ini tidak lagi mampu bertahan hidup dan akhirnya mati di Kepulauan Seribu.

Ikan Paus Sperma, Physeter macrocephalus, ordo Cetacea dan merupakan salah satu jenis paus bergigi. Ikan paus Sperma memiliki volume otak yang paling besar dari ikan paus yang ada. Nama Sperma diambil dari zat lilin berwarna putih mirip dengan sperma yang terdapat dibagian kepalanya. Terdapat tiga jenis Ikan Paus Sperma yaitu Ikan Paus Sperma Physeter, ikan paus sperma pygmy dan ikan paus sperma cebol.

Mengetahui hal ini Dinas Perikanan Kepulauan Seribu berencana memanfaatkan tulang belulang bangkai ikan paus ini untuk dipajang dan menjadi bahan edukasi bagi siswa-siswa yang ingin mengetahui rangka asli seekor ikan Paus.

A video posted by ExploreTidung (@exploretidung) on

Untuk melepaskan daging yang menutupi tubuh nya, para ilmuwan yang menjadi team saat itu menggunakan cara menenggelamkan kembali bangkai ikan paus yang masih utuh agar daging terlepas dan terurai secara alamiah hingga menyisakan rangka tulang belulang nya saja. Namun dalam proses nya tidak seratus persen bagian rangka masih menempel ditempatnya. Beberapa ruas tulang dan kerangka di bagian kepala paus ini juga tak lagi utuh ketika diangkat ke darat.

Di bantu oleh Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) akhirnya kerangka ikan Paus berjenis Sperma ini kembali dirangkai menjadi kerangka ikan Paus yang utuh. Beberapa bagian kerangka yang hilang diganti dengan kerangka buatan dengan bentuk sesuai aslinya.

Wisata Edukasi Museum Ikan Paus di Pulau Tidung Kecil


Pemerintah Kepulauan Seribu membangun sebuah gedung di Pulau Tidung Kecil sebagai tempat untuk memajang kerangka Ikan paus yang telah rampung disusun kembali. Gedung yang pada tanggal 29 Desember 2014 diresmikan oleh Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini di beri nama “HANGGAR IKAN PAUS” dan saat ini dikelola oleh Suku Dinas Kelautan Dan Pertanian Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Saat ini Hanggar Ikan Paus juga menjadi Obyek Wisata Edukasi dikawasan Agrowisata Pulau Tidung Kecil Kepulauan Seribu Selatan.


0 komentar:

Posting Komentar